Budidaya Cacing Sutra Sistem Apartement

Kebutuhan cacing sutra dari waktu kewaktu terus mengalami peningkatan yang signifikan. Cacing sutra merupakan pakan alami yang paling efektif digunakan para pembenih ikan air tawar. Namun demikian kendala utama dalam penyediaan cacing sutra yaitu kebutuhannya yang masih tergantung dari hasil tangkapan alam. Sedangkan penyediaan benih dari alam memiliki kelemahan diantaranya: tidak tersedia sepanjang tahun, tidak memiliki jaminan khualitas yang baik dan hasil tangkapan di alam fluktuatif sehingga harga menjadi mahal.

Cacing sutra memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yakni protein 57-60%, lemak 30-20% dan mengandung vitamin B12, mineral, asam amino serta asam lemak tak jenuh.

Untuk mengatasi kendala ketersediaan cacing sutra Direktorat Jendral Perikanan Budidaya melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar sukabumi telah berhasil mengembangkan inovasi tepat guna Budidaya Cacing Sutra Sistem Apartement.

Keuntungan budidaya cacing sutra sistem apartement antara lain: efisiensi lahan budidaya, panen lebih terkontrol dan tidak tergantung pada musim, khualitas cacing lebih baik dan sebagai alternatif usaha yang menjanjikan di kalangan masyarakat. Dengan demikian, suplay benih ikan nasional dapat terjamin guna mendukung peningkatan produksi perikanan budidaya nasional.

 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=UIfCyvMxo1s


Bahar Nurdini, S.St.Pi

Bahar Nurdini, S.St.Pi

Guru dan praktisi perikanan, sekaligus sebagai founder Pokdakan.com
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini!
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *